Ekbis

Selasa, 24 November 2020 - 10:15 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Pesawat Wings Air, saat mendarat di Bandara Frans Sales Lega Ruteng. (Foto: Valerius Isnoho)

Pesawat Wings Air, saat mendarat di Bandara Frans Sales Lega Ruteng. (Foto: Valerius Isnoho)

Wings Air Buka Rute Penerbangan Ruteng – Kupang

Manggarai, Floreseditorial.com – Pjs. Bupati Manggarai, Zeth Libing, meresmikan penerbangan perdana maskapai Wings Air, dengan rute penerbangan Kupang (KOE) – Ruteng (RTG), maupun sebaliknya, pada Selasa (24/11/2020) pagi, bertempat di Ruang VIP Bandara Frans Sales Lega Ruteng. Peresmian itu dibuka dengan acara seremonial penyambutan secara adat.

Direksi Wings Air, Capt. Decky Arianto, dalam sambutannya menyampaikan dukungannya dalam upaya mempercepat proses pembangunan, terlebih khusus penyediaan transportasi udara di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami, dari Lion Grup, berkomitmen mendukung penuh pengembangan jalur penerbangan yang tentunya sejalan dengan pengembangan jalur transportasi udara, ekonomi dan pariwisata di setiap daerah,” tuturnya.

Pelayanan terbaik, lanjutnya, akan senantiasa diberikan kepada para pelanggan dan masyarakat. Terkait situasi pandemi covid-19, pihaknya memastikan bahwa Lions Air Grup, baik itu Wings Air, Lions Air dan Batik Air, taat dan patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kami senantiasa menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, sarung tangan, penggunaan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan,” imbuhnya.

Ia menegaskan, pihaknya memastikan bahwa pesawat aman tanpa ada kekhawatiran terjangkit virus covid-19 selama penerbangan.

Sementara itu, Pjs. Bupati Zeth, mengapresiasi kehadiran Wings Air di wilayah Kabupaten Manggarai.

“Hari ini hari bersejarah. Karena ini doa, ini harapan, ini kerinduan dan kebutuhan masyarakat Manggarai dan Manggarai Timur. Doa dan harapan kedua masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, terjawab sudah,” tuturnya.

Menurutnya, transportasi udara bukan lagi dipandang sebagai kebutuhan mewah, namun sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Ternyata, transportasi udara tidak sekadar menjadi kebutuhan lux. Dia sudah menjadi kebutuhan dasar. Kami sangat membutuhkan itu,” tambahnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Manajemen Lions Grup dan Wings Air, atas kerja sama dan kerja keras, sehingga terwujudnya pembukaan rute penerbangan Wings Air di Kabupaten Manggarai.

“Kami mendukung segala aktivitas Wings Air di daerah ini,” tegasnya.

Untuk kedepan, katanya, Bandara Frans Sales Lega direncanakan dan diupayakan untuk diperpanjang, sehingga pesawat berbadan lebar bisa mendarat di bandara itu.

Perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi NTT, Bobby Lianto, yang juga mewakili pelanggan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas hadirnya Wings Air.

“Saya yakin penerbangan ini telah menjawab kebutuhan bagi keluarga besar Manggarai, pelaku ekonomi dan pariwisata, juga Kabupaten Manggarai Timur,” tuturnya.

Menurutnya, kehadiran Wing Air di Kabupaten Manggarai merupakan bukti nyata dalam mendukung program pemerintah, Ring of Beauty, mengkoneksi kota-kota di wilayah Provinsi NTT.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk melayani rute ini, Wings Air menyiapkan armada pesawat jenis baling-baling (propeller) seri Avions de Transport Regional (ATR) buatan Prancis, Italia tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600. Keduanya menawarkan kapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, dengan konfigurasi kursi menggunakan tata letak 2-2.

Untuk waktu penerbangan, Wings Air dijadwalkan terbang dari Bandara El Tari Kupang pukul 06.55 WITA dan mendarat pukul 08.30 WITA. Sedangkan rute kembali, Wings Air akan mengudara dari Ruteng pada pukul 08.50 WITA dan dijadwalkan mendarat di Kupang pukul 10.20 WITA.

Pada tahap awal, Wings Air akan melayani penerbangan dengan frekuensi satu kali sehari. Sementara Harga yang ditawarkan mulai Rp 700 ribuan sekali penerbangan.

Pantauan Floreseditorial.com, hadir dalam kesempatan itu, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, Direksi Wings Air, Capt. Decky Arianto, Area Manager Lions Air Grup, Rinus T. Zebua, Staff Khusus Gubernur NTT, Prof. Alo Lili. (val)

Artikel ini telah dibaca 408 kali

Baca Lainnya
x