Pasar

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:23 WIB

11 bulan yang lalu

logo

Kadis Koperindag Kabupaten Manggarai Timur, Fransiskus P. Sinta, (Foto: Ist)

Kadis Koperindag Kabupaten Manggarai Timur, Fransiskus P. Sinta, (Foto: Ist)

Pemkab Matim Akan Tertibkan Kembali Lapak Pedagang di Pasar Borong

Manggarai Timur, Floreseditorial.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag), akan menertibkan kembali lapak-lapak milik pedagang yang dibangun di pinggir ruas badan jalan sebelah Timur Pasar Borong.

Pasalnya, keberadaan lapak-lapak tersebut justru mengganggu kenyamanan pengguna jalan, hingga tak jarang terjadi kecelakaan. Padahal, Pemkab Matim telah menyediakan fasilitas untuk para pedagang di Pasar Rakyat Ranaloba.

Kepala Dinas Koperindag Matim, Fransiskus P. Shinta, saat ditemui Floreseditorial.com di ruang kerjanya, Kamis (22/10/2020), mengatakan, pemerintah telah merehab Pasar Rakyat Ranaloba tersebut.

“Beberapa waktu lalu, pemerintah merehab Pasar Rakyat Ranaloba, karena kondisi yang sedikit panas, sehingga pedagang berjualan sementara di pinggir jalan,” kata Fransiskus.

Menurutnya, saat ini, proyek rehabilitasi Pasar Rakyat Ranaloba sudah selesai dikerjakan. Plafon dan peredam panas juga telah dipasang.

“Pasar Rakyat Ranaloba sudah lebih sejuk dan sudah bisa digunakan, sehingga para pedagang akan kita pindahkan kembali ke dalam pasar itu,” ungkapnya.

Menurut Fransiskus, pihaknya juga kembali akan melakukan pendekatan dengan para pedagang yang berjualan di atas lahan pribadi, untuk masuk dan menjajakan dagangannya di dalam areal pasar.

“Supaya pasar menjadi lebih tertata dengan baik,” kata mantan Kasat Pol PP itu.

Kendati demikian, Fransiskus mengakui, terdapat banyak kendala yang dihadapi dalam menata Pasar Borong.

“Meski ditemukan banyak kendala dalam memberikan pemahaman kepada para pengguna pasar, tetapi pemerintah akan terus berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” kata Fransiskus.

Terhadap rencana Pemkab Matim yang akan merelokasi para pedagang, disambut baik oleh pedagang pasar.

Monika, salah seorang Pedagang Pasar Borong, mengaku senang dengan rencana tersebut.

“Pemerintah sudah siapkan fasilitas, kita tinggal menggunakan. Apalagi selama mereka berjualan sayur di pinggir jalan, kami yang tidak ada lapak di pinggir jalan semakin sepi pembeli,” ketus Monika. (igt)

Artikel ini telah dibaca 307 kali

Baca Lainnya
x