Ekbis Pasar

Jumat, 3 Juli 2020 - 09:34 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Suasana Pasar Wairkoja di Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka. (Foto: Yeremias Y.S)

Suasana Pasar Wairkoja di Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka. (Foto: Yeremias Y.S)

Bupati Sikka Soroti Kondisi Pasar Wairkoja

Maumere, floreseditorial.com – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, menyoroti kondisi Pasar Wairkoja yang sepi pengunjung. Pasar yang sudah beroperasi 12 tahun ini, sepi aktivitas. Pedagang lebih memilih berjualan di pinggir jalan dekat pasar eks Geliting, Kecamatan Kewapante.

Menyaksikan hal ini, Bupati Sikka memutuskan mengembalikan para pedagang ke Pasar Wairkoja, Kamis (18/6/2020), dengan masa uji coba tiga bulan ke depan. Ia menjelaskan, evaluasi terhadap dinamika di Pasar Wairkoja sangat penting dilakukan guna melihat respon masyarakat.

“Kita buat kegiatannya simulasi dan uji coba selama tiga bulan ke depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, masa uji coba ini untuk melihat apakah berdampak pada perekonomian masyarakat atau tidak. Jika tidak berdampak signifikan, pemerintah terpaksa menutup pasar tersebut atau mencari lokasi pasar yang pas untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, terkait usulan para pedagang pasar agar Pasar Waipare dipindahkan ke Pasar Wairkoja yang lokasinya berjarak sekitar 1 Km, Bupati Idong, mengatakan, Pasar Waipare meskipun kecil namun sudah memiliki izin dan tidak ada pedagang yang berjualan di pinggir jalan, jika dipindahkan maka izin harus dicabut terlebih dulu.

“Kita sedang kaji dan ini simulasi, jadi masukan-masukan dari komunitas pedagang pasar dan juga usul saran dari semua pihak menjadi pertimbangan, dan kita akan ambil langkah secara demokratif untuk kebaikan bersama,” jelas Robi Idong.

Menurut Bupati Idong, saat dibangun 12 tahun lalu, pembangunan Pasar Wairkoja kurang dikaji mendalam sehingga merugikan masyarakat. Karena itu, dengan masa uji coba tiga bulan ini untuk mengukur seberapa besar dampak pasar tersebut terhadap perekonomian masyarakat. (eri)

Artikel ini telah dibaca 300 kali

Baca Lainnya
x