Ekbis Pasar

Jumat, 29 Mei 2020 - 11:15 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Aktivitas warga di Pasar Boawae. (Foto: Yohanes Mondo)

Aktivitas warga di Pasar Boawae. (Foto: Yohanes Mondo)

Pemda Nagekeo Aktifkan Pasar Mingguan

Floreseditorial.com, Nagekeo – Menurut rencana, Pemerintah Daerah (Pemda) Nagekeo akan mengaktifkan kembali pasar mingguan di wilayah setempat, mulai awal Juni 2020 mendatang. Diaktifkan kembali sejumlah pasar mingguan di wilayah itu menyusul larangan beroperasi selama pandemi covid-19. Meski tempat pelayanan itu beroperasi lagi, tetapi secara operasional tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do menyampaikan hal itu kepada floreseditorial.com, Jumat (29/05/2020).

Dia menjelaskan, pasar mingguan yang diaktifkan kembali yakni Pasar Boawae. Sebab tingkat aktivitas masyarakat di lokasi pasar itu sangat tinggi. Namun untuk melancarkan seluruh aktivitas pasar yang mulai diaktifkan 10 Juni 2020 mendatang, pemerintah menetapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung.

Caranya, memberlakukan pintu masuk transportasi satu arah, sehingga memudahkan pemantauan. Bagi warga yang tidak menggunakan masker, lanjutnya, akan diberi fasilitas kesehatan itu. Sementara para pelaku pasar menerapkan aturan jaga jarak antara pedagang yang satu dengan pedagang lainnya.

“Saat ini, sejumlah portal yang berada di jalur utama telah dibuka dan aktivitas warga diberi kelonggaran. Hal ini bertujuan memudahkan aktivitas warga. Pengawasan di sejumlah posko agak longgar bagi mereka yang hendak bepergian. Namun, harus tetap menggunakan masker,” tegas Bupati Nagekeo.

Salah seorang warga, Polikarus Pesa, menyambut baik rencana pemerintah mengaktifkan Pasar Boawae. Sebab dengan itu, sirkulasi barang dan jasa bisa berlangsung normal, sehingga perekonomian masyarakat pelan-pelan kembali normal.

“Kalau pasar buka kembali, tentu sangat senang karena kami bisa berjualan kembali. Kebutuhan pokok yang selama ini tidak ada bisa dipenuhi lagi,” katanya

Penulis: Yohanes Mondo
Editor: Kanis Lina Bana

Artikel ini telah dibaca 845 kali

Baca Lainnya
x