Pertanian

Senin, 18 Mei 2020 - 08:42 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Kakao yang Terserang Hama Busuk. (Foto: Nardy Jaya)

Kakao yang Terserang Hama Busuk. (Foto: Nardy Jaya)

Hama Busuk Serang Tanaman Kakao

Floreseditorial.com, Kota Komba – Hama busuk buah atau infeksi Cendawan Phytopthora pada buah kakao menyerang tanaman kakao petani di Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Akibatnya produktivitas panenan petani menurun drastis.

Nober Anggal (56), salah satu petani kakao di wilayah itu kepada floreseditorial.com, Senin (18/5/2020), mengatakan hasil panen pada musim ini tidak sebanding dengan tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan serangan hama pada buah kakao. Serangan hama busuk buah itu bisa terjadi pada buah kakao yang masih pentil muda hingga buah yang sudah masuk fase siap petik.

Serangan hama busuk ini, jelasnya, mengakibatkan kualitas produksi menurun. Sebab serangan hama busuk buah langsung ditujukan pada buah yang menjadi sumber penghasilan petani.

“Sudah dua tahun terakhir ini panenan turun drastis,” kata Nobertus.

Senada dengan Nobertus, Yoseph Tote, petani kakao asal Bete, Desa Komba, Kecamatan Kota Komba menjelaskan hal yang sama. Selain produksi merosot, harga jual juga menurun.

“Harga jual semakin menurun menyusul pandemi virus corona,” jelas Tote.

Menyikapi hal itu, keduanya mengharapkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur dapat menyalurkan bantuan guna menanggulangi bencana hama busuk buah yang sedang menggrogoti tanaman petani kakao di Kota Komba. Bantuan tersebut, demikian Yoseph, guna mengimbangi daya beli para petani di tengah badai pendemi.

Penulis Nardi Jaya
Editor: Kanis Lina Bana

Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya
x