Modifikasi

Selasa, 7 April 2020 - 12:55 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Pemberian 500 masker jahitan Dinakertrans kabupaten Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Pemberian 500 masker jahitan Dinakertrans kabupaten Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Dinakertrans Ende Sumbang 500 Masker Jahitan Sendiri

Floreseditorial.com, Ende – Target 5000 Masker, Pada tahap awal Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trans Migrasi Kabupaten Ende menyerahkan sumbangan 500 buah masker kepada Posko Gugus Tugas Percepatan, Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ende, Kapitan Lingga, saat penyerahan masker di Posko Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Ende di lantai 1 Kantor Bupati Ende, Selasa (7/4/2020).

Ia mengatakan, pihaknya targetkan 5000 masker yang akan dibuat, mungkin sampai dengan tanggal 28 April 2020 sudah bisa dijahit habis.

“Karena, setiap tiga hari kami akan serahkan 500 buah ke Posco Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Ende,” kayanya.

Ia menceritakan, awalnya setelah dilakukan pergeseran anggaran, pihaknya melakukan asistensi bersama tim anggaran yang pada saat itu semua OPD sedang melakukan pergeseran anggaran guna pencegahan covid-19 di daerah Kabupaten Ende.

“Berawal dari situ, Dinas Tenaga Kerja dan Trans Migrasi Kabupaten Ende berinisiatif untuk mengalokasikan anggaran 50 Juta rupiah untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembuatan 5000 masker tersebut,” imbuhnya.

Inisiatif tersebut, kata dia, bertujuan untuk membiayai pembuatan 5000 masker oleh Disnaketrans Ende, yang siap disumbangkan kepada Posko Gugus Tugas Percepatan, Penanganan, dan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Ende.

“Hanya dalam perjalanan tenaga kerja yang saya siapkan hanya 9 penjahit dengan 2 tenaga pembantu, baik untuk melakukan strika maupun steril bahan hingga penjemuran”, Kata Kapitan

Menurutnya, dari tenaga kerja yang ada, diperkirakan dalam seminggu hanya bisa menghasilkan 500 buah masker.

“Karena hari minggu mereka tidak kerja,” tandasnya.

Dari lima ratus masker yang disumbangkan, Kata Kapitan, selain untuk orang dewasa, ada pula ukuran khusus untuk dibagikan kepada anak-anak,

“Ada 1 dos berjumlah 100 buah,” terangnya.

Phaknya sudah melaporkan kepada Bupati kabupaten Ende bahwa hari ini, Dinas Naketrans menyumbangkan 500 buah masker.

“Sekaligus ada sumbangan dari BRI Cabang Ende 200 buah masker menjadi 700 buah masker” imbuhnya.

Ia menambakan, terlepas hari ini kami serahkan 500 buah masker tidak menutup kemungkinan besok pagi pihaknya pastikan akan menyerahkan 200 buah masker lagi.

“Jadi kalau dilihat dari stok jika kita akumulasikan mulai dari hari ini dan besok, sebanyak 700 tambah BRI 200, semuanya menjadi 900 buah masker yang akan diserahkan oleh Gugus Tugas kepada masyarakat yang menetap dalam kota ende”. Tutup Kapitan

Sementara itu Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Ende, Djafar Achmad, dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Disnakertrans Ende.

Ia mengharapakan, kepada OPD lainnya agar bisa melakukan sesuatu seperti Dinas Transnaker dalam upaya menangkal virus corona.

“Saya akan bagikan nanti. Saya akan turun langsung membagikan masker kepada warga masyarakat yang berada di empat kecamatan di dalam kota,” Pukas Bupati Djafar

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 937 kali

Baca Lainnya
x