Pasar

Selasa, 31 Maret 2020 - 19:22 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Harga Sembako di Ende Mulai Meroket

Floreseditorial.com, Ende – Ditengah terpaan wabah Virus Covid-19 menghantam Indonesia, harga barang Sembakopun turut mulai merangkak naik.

Hal inipun terjadi di sejumlah wilayah di tanah air termasuk di daerah Kabupaten Ende, Flores- NTT. Kondisi inipun mulai menekan kesanggupan daya beli masyarakat.

Beberapa harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di kota Pancasila itu mulai meroket seperti Gula, Bawang, minyak Gorengpun sudah mulai naik.

Mengantisipasi hal ini, Bupati kabupaten Ende Achmad Djafar mulai mensiasatinya dengan rencana giat Operasi Pasar.

Hal ini bertujuan menertipkan penjual agar tidak bebas menetukan harga jual barang sembako.

Operasi pasar dimaksud, Kata dia, untuk melakukan pengecekan harga di pasar terkait kenaikan harga sembako baik di Pasar Mbongawani, Pasar Potuoando dan Pasar Wolowona.

“Saya sendiri akan turun crosschek, terkait kepastian pasar dalam menentukan harga jual barang sembako di tiga pasar dalam Kota Ende ini”, Kata Djafar Selasa (31/03/2020).

Menurutnya, operasi pasar dilakukan untuk mencegah agar pasar tidak bebas menentukan harga jual.

Hindari Kerumunan

Namun, dalam melaksanakan giat tersebut, Djafar mengingatkan agar tetap memikirkan soal teknis pelaksanaan operasi pasar.

Karena menurut dia, dalam giat tersebut tentunya Pemerintah akan datang dengan jumlah personil yang banyak.

“Hal itu juga perlu kita pikirkan dan diantisipasi. Karena akan berpengaruh pada kerumunan massa. Ya pastinya, operasi pasar dalam kota akan tetap kita gelar dan laksanakan. Hanya kita perlu perencanaan yang matang, sehingga action kita tepat”, kata Djafar.

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 1211 kali

Baca Lainnya
x