Investasi

Senin, 3 Februari 2020 - 12:52 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Pengukuhan AWSTAR (Foto: TeamYPF/Edi Risal)

Pengukuhan AWSTAR (Foto: TeamYPF/Edi Risal)

Tolak Grab Car, Angkutan Wisata Darat Labuan Bajo Resmi Deklarasikan Diri

Floreseditorial.com, Borong – Asosiasi Angkutan wisata darat (AWSTAR) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat menggelar upacara pengukuhan badan pengurus pada Senin (3/2/2020).

AWSTAR merupakan salah satu asosiasi angkutan yang melayani bidang jasa transportasi di wilayah Manggarai Barat yang berbadan hukum dengan nomor AHU-0012398.AH.007 tahun 2019.

Asosiasi yang beranggotakan 250 orang ini sebelumnya sempat menggelar aksi demonstrasi penolakan kehadiran transportasi onlie di Manggarai Barat pada 2019 lalu.

Alhasil penolakan AWSTAR membuahkan hasil dimana hingga saat ini teansportasi online Grab Car belum beroperasi di Labuan Bajo.

Menurut ketua Humas Awstar, John Daniel, tranportasi bersifat aplikasi merupakan transportasi yang dibangun oleh konglomerat dan merupakan bagian dari bisnis kapitalis dan monopoli yang tidak berpihak kepada kelompok kecil.

“Kami menolak tetap konsisten menolak Grab Car dan kami fokus kepada pengembangan potensi dan keariafan lokal. Itulah sebabnya Awstar hadir”, terang John.

Sedangkan Kristo Belo ketua Awstar, menyampaikan bahwa dengan dikukuhkan Awstar sebagai asosiasi wisata darat yang berbadan hukum maka tentu totalitas pelayanan kepada tamu akan ditingkatkan.

Menurutnya, kehadiran Awstar merupakan sinergitas antara pemerintah dan asosiasi driver wisata. “Pemerintah adalah mitra kerja kami. Sebagai wujud dukungan kami kepada pemerintah di lokasi wisata premium ini, kami mengembangkan jasa di bidang transpirtasi”, tambah Ito Belo.

Ito menambahkan, Awstar akan melayani jasa angkutan wisata seputaran Labuan Bajo hingga flores overland trip.

Sementara itu, pemerintah Manggarai Barat melalui asisten I, Agustinus Hama mengapresiasi langkah yang diambil oleh asosiasi driver angkutan Wisata Labuan Bajo ini. “Ini suatu kebaikan bagi mutu layanan jasa di bidang transportasi wisata darat. Semoga pelayanan semakin maksimal ya”, imbuhnya.

Kegiatan pengukuhan Awstar ini dihadir oleh ketua DPRD Manggarai Barat, Asisten I, Kabid transportasi darat dinas perhubungan, perwakilan danramil Komodo, tokoh adat dan ratusan anggota Awstar.

Laporan : Edi Risal

Artikel ini telah dibaca 2552 kali

Baca Lainnya
x