Ekbis

Senin, 3 Februari 2020 - 11:43 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Bawang Merah (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Bawang Merah (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Harga Bawang di Pasar Borong Meroket

Floreseditorial.com, Borong – Harga bawang di Pasar Borong, kabupaten Manggarai Timur terus meroket beberapa hari belakangan.

Hal ini dipicu langkahnya stok bawang merah maupun bawang putih yang masuk pasar Borong.

Data yang dihimpun media ini pada Senin (03/02/2020), saat ini bawang merah di pasar Borong di Bandrol dengan harga berkisar antar Rp. 35.000 hingga Rp 40.000 per kilogramnya. Sementara bawang putih dibandrol dengan harga berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per kilogramnya.

Padahal sebelumnya harga bawang cuma berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per kilogramnya.

Darius, salah seorang pedagang sembako di Pasar Borong menjelaskan bahwa harga jual bawang yang tinggi disebabkan karena harga beli dari produsen yang tinggi pula.

“Terpaksa kami jual dengan harga yang tinggi juga kepada konsumen pak,” kata Darius saat ditemui wartawan media ini di Pasar Borong.

Ia menceritakan kenaikan harga bawang merah dan bawang putih di pasar Borong sudah terjadi sejak satu Minggu terakhir.

“Sudah hampir satu Minggu pak, bawang naik harga,” ketusnya.

Sara, salah seorang distributor bawang di Pasar Borong menjelaskan bahwa bawang yang beredar di Pasar Borong didominasi oleh bawang yang didatangkan dari Bima, Provinsi NTT.

“Karena harga ditempat kita ngambil (Bima) juga tinggi, mungkin karena hujan juga pak sehingga petani belum bisa tanam, belum ongkos kapal untuk muat,” imbuhnya.

Meski demikian, kata Sara, ia tetap mengambil bawang dari Bima untuk dibawa ke Pasar Borong karena permintaan konsumen yang tinggi.

Kenaikan harga bawang yang meroket tajam di Pasar Borong juga berpengaruh pada daya beli ditingkat Konsumen.

Maria Adelheid, salahseorang Padang pasar Borong menjelaskan bahwa kenaikan harga bawang juga berpengaruh pada daya beli.

“Berpengaruh pak, dulu biasanya sehari bisa laku hingga 20 kilogram, sekarang berkisar 5 kilogram saja sehari,” kata Adelheid.

Laporan : Andre Kornasen
.

Artikel ini telah dibaca 268 kali

Baca Lainnya
x