Pertanian

Jumat, 15 November 2019 - 06:02 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Sekelompok ibu-ibu desa Sambi telibat aktif dalam program SIMANTRI desa (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Sekelompok ibu-ibu desa Sambi telibat aktif dalam program SIMANTRI desa (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Ibu – Ibu Desa Sambi, Mandiri Berkat SIMANTRI

Floresedirial.com, Ruteng – Sekelompok ibu – Ibu di Desa Sambi, memulai aktivitas hariannya dengan membudidayakan tanaman hortikultura.

Beberapa tanaman yang dibudidayakan seperti tomat, sayuran dan sejumlah tanaman lainnya dikembangkan dalam kelompok SIMANTRI di Desa tersebut.

Kegiatan pemberdayaan perempuan pengembangan tanaman Hortikultura Desa Sambi menjadi kegiatan perdana di Desa yang berada di Kecamatan Reok Barat itu.

Para ibu – ibu ini membudidayakan berbagai tanaman holtikultura ini dimulai dari pengolahan lahan, persemaian benih, pembuatan bedengan dan penanaman hingga pemasaran.

Para petugas Pemberdayaan setia mengawasi setiap proses pengelolaan budidaya tanaman hortikultura di desa Sambi (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Desa ini membudidayakan tanaman hortikultura berdasarkan usulan kelompok pemberdayaan sesuai dengan kemampuan Anggaran Pendapat Belanja (APB) Desa tahun 2019.

Basilius Panja selaku pejabat pemerintah Desa Sambi, saat menyambangi salah satu lokasi budidaya tanaman tomat di desa tersebut mengutarakan bahwa pengembangan tanaman hortikultura di Desa sambi didamping oleh tenaga teknis lapangan.

Pengembagan kegiatan tersebut sinambung dengan program pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai dengan program Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) dan lebih khusus kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan pengembangan tanaman hortikultura secara totalitas mulai dari pengolahan lahan, persemaian benih, pembuatan bedengan dan penanaman sampai ke pemasaran. Pendamping terus melakukan pendampingan agar kelompok pemberdayaan perempuan mau dan mampu membimbing keluarga mereka sendiri”, paparnya.

Bahu membahu merawat setiap benih yang telah ditanam (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Salah satu perwakilan koordinator kelompok pemberdayaan saat diminta tanggapanya oleh media ini mengaku sangat merasakan hasil bimbingan dari pembimbing kelompok dalam proses pemeliharaan tanaman sayur dan tanaman lainya.

Selain mulai merasakan keuntungan berkat jeripayah mereka dalam program SIMANTRI desa keuntungan lain yang diperoleh dari kelompok ibu – ibu tersebut adalah pengetahuan tentang pertanian yang bisa diimplementasikan untuk membudidayakan tanaman lainnya.

Laporan: Hardy Sungkang

Artikel ini telah dibaca 249 kali

Baca Lainnya
x